nama-nama orang baliBingung dengan judul artiket diatas? wajar saja, bagi orang Bali mungkin hal ini mudah dipahami, dan untuk anda yang belum mengerti dengan maksud diatas, ayo kita lanjutkan!. Pernahkah anda mengenal atau mengetahui nama orang seperti Wayan, Made, Nyoman, Kadek, Ketut? Disini topik utama sebenarnya yaitu mengenai “Nama-nama orang Bali”.

Ini adalah salah satu tradisi yang diwariskan oleh para leluhur masyarakat di Bali, dan masih diterapkan sampai sekarang. Tidak asing lagi jika sedang berada di pulau Bali, kita mendengar orang yang menyebut nama seperti diatas, karena itulah ciri khas dari Nama orang Bali.

Zaman dahulu sangat terbiasa kita melihat orang tua memiliki anak-anak lebih dari 4 orang, bahkan bisa sampai 11 orang, untuk memudahkan memanggil anak-anaknya itulah mereka terbiasa memberikan nama sesuai urutan kelahiran, antara lain:

  • Anak pertama mereka beri nama Wayan/Putu/Gede/Luh (berbeda di beberapa wilayah pulau Bali).
  • Anak kedua akan dipanggil Made/kadek/nengah
  • Anak ketiga Nyoman atau Komang
  • anak keempat Ketut.

Mengapa hanya ada 4 Nama? Nah pertanyaan inilah yang tidak bisa saya jawab sampai sekarang, Bagaimana dengan anak kelima dan seterusnya? Dan untuk anak yang kelima dan seterusnya mereka akan ulang lagi dari semula yaitu Wayan, Made, Nyoman dan ketut. Di beberapa daerah di Bali untuk memudahkan mengenal anak keberapa, mereka akan menambah dengan nama “Balik” (contoh: wayan Balik, made Balik dstnya).

wayan dan made di Bali

Dan sesuai topik diatas “mengapa nama Nyoman dan ketut semakin berkurang di Bali?
Seiring berkembangnya zaman, dan wujud nyata dari program keluarga berencana yang di keluarkan oleh pemerintah, ditambah pula tingkat pendidikan masyarakat yang mulai tinggi, mereka semakin paham akan arti kwalitas. Sesuai “slogannya 2 anak cukup” dan terbukti memang, kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat, sehingga semakin sedikit anak-anak, akan semakin tinggi kwalitas yang mereka dapatkan baik dari segi pendidikan, makanan dan kebutuhan lainnya. Oleh karena itulah kebanyakan masyarakat Bali saat ini lebih memilih hanya mempunyai 2 orang anak. Dan atas dasar inilah Nama nyoman dan ketut semakin sedikit pula kita temui di pulau Bali.

 

Customer Service

LINDA (Ms)
Pin BB :D176C8FD
WA : 085.739.589.826
Hp. 081-353-304-066


NOVI (Ms)
Pin BB :D152517F
WA : 087.861.951.299
Hp. 082 144 232 091


AYU (Ms)
Pin BB : D214FD3E
WA : 085.792.334.884
Hp. 081 337 777 934

Sponsor