Category Archives: Tradisi dan Budaya Bali

Upacara Potong Gigi di Bali – Makna dan Tujuannya

Satu lagi tradisi budaya unik yang menarik untuk disimak yaitu Upacara Potong Gigi di Bali. Dikenal juga dengan sebutan Metatah atau mepandes atau mesangih, dan wajib dilaksanakan oleh setiap orang yang beragama hindu di pulau Bali. Tradisi ini dapat dilakukan kepada mereka yang sudah menginjak dewasa, untuk perempuan ciri-cirinya yaitu sudah mendapatkan menstruasi dan untuk… Read More »

Tradisi Upacara Ngaben di Bali – Unik dan Wajib di Laksanakan.

Salah satu tradisi unik dan wajib untuk dilaksanakan bagi pemeluk agama hindu yaitu tradisi upacara Ngaben di Bali. Kegiatan keagamaan yang dilakukan turun temurun sejak dulu kala. Tradisi ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang liburan ke Bali. Tujuan dan Makna Tradisi Upacara Ngaben di Bali Dalam ajaran agama hindu, tubuh manusia terbentuk… Read More »

Si “nyoman” dan Si “ketut” semakin sedikit di Bali?

Bingung dengan judul artiket diatas? wajar saja, bagi orang Bali mungkin hal ini mudah dipahami, dan untuk anda yang belum mengerti dengan maksud diatas, ayo kita lanjutkan!. Pernahkah anda mengenal atau mengetahui nama orang seperti Wayan, Made, Nyoman, Kadek, Ketut? Disini topik utama sebenarnya yaitu mengenai “Nama-nama orang Bali”. Ini adalah salah satu tradisi yang… Read More »