Objek Wisata di Nusa Penida, Sedang Hit’s dan Instagram-able

By | April 6, 2020

Keindahan objek wisata di Nusa Penida Bali menjadi “mahkota” dan primadona saat ini. Pesona alam yang sangat memukau seolah mengundang para pelancong untuk datang menikmatinya. Tidak heran jika hasil jepretan kamera mereka terpangpang indah di feed instagram, facebook dan media sosial lainnya.

objek wisata di nusa penida

Sekilas Tentang Pulau Nusa Penida Bali

Pulau Nusa Penida adalah salah satu pulau yang masih menjadi wilayah dari propinsi Bali, kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung. Luasnya sekitar 202,84 m²  dengan jumlah penduduk kurang lebih 50.000 jiwa. Dibagi menjadi 16 desa, termasuk pulau kecil Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.
Sebelum berkembangnya pariwisata di Nusa penida, sumber mata pencaharian masyarakat di sana kebanyakan sebagai nelayan dan juga petani rumput laut.

|| Mau tour ke Nusa Penida dengan harga murah? click aja disini!

Akses menuju pulau dan waktu tempuh.

Bagi kalian yang ingin jalan-jalan atau tour di pulau ini, ada beberapa pelabuhan penyeberangan yang bisa dipilih, antara lain:

Pantai sanur
Dipantai sanur dekat hotel Grand Inna Bali Beach, bisa kita temukan sarana transportasi fast boat menuju Nusa Penida. Start dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore, setiap 30 menit mereka akan melayani penyeberangan ke sana. Disini khusus untuk penumpang dan barang saja, untuk menyeberang dengan kendaraan tidak dilayani. Dengan waktu tempuh kurang lebih 30-40 menit, tergantung besar kecilnya gelombang pada saat itu.

Pelabuhan Padang Bai
Jika kamu ingin menyeberang sekalian dengan kendaraan bermotor, di pelabuhan inilah tempatnya. Disini tersedia kapal Ferry Roro, dengan jadwal keberangkatan jam 09.00 pagi dan jam 13.00 wita. (waktu dikondisikan sesuai keadaan dilapangan). Membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit sampai 1 jam dari sini.

Pelabuhan Benoa Bali.
Dari sini juga kita bisa menyeberang, dengan menggunakan fast boat ataupun kapal pesiar/cruise yang menuju pulau Nusa penida. lama waktu tempuhnya kurang lebih 30-40 menit.

Pantai Serangan
Jika kita kesana bersama rombongan/group, mungkin pelabuhan ini tempat yang terbaik, kita bisa charter salah satu fast boat dengan harga yang tentunya akan lebih murah dengan perorangan. dari sini pun membutuhkan waktu hampir sama yaitu 30-40 menit.

Harga tiket fastboat rata-rata hanya 75rb/orang satu kali menyeberang.

Objek Wisata Keren Yang ada di Nusa Penida.

Pulau kecil yang sebagian besar objek wisatanya berada di pantai, susunan tebing karang yang di ukir natural oleh deburan ombak yang selalu menghempaskan dan menjadikan sangat indah dipandang mata.

1. Pantai Kelingking

keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Gundukan tebing karang yang terlihat seperti anjungan ke tengah laut yang menyerupai jari kelingking dan berada di bawah tebing yang sangat tinggi. Tampak seolah tersembunyi di Balik karang, sehingga tempat ini juga sering disebut Kelingking Secret point.

paket tour nusa penida

Cara menikmati keindahanya yaitu dari bukit diatasnya, karena untuk akses menuju pantai jalannya sangat terjal dan berbahaya. Tampak dari kejauhan diatas, pantai dengan pasir putih dengan air yang sangat jernih. Jika kita benar-benar ingin menuju pantainya akses termudah yaitu dengan menggunakan boat sambil melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving di titik point yang dikenal  dengan nama Manta Point.

|| Baca juga: Puncak Wanagiri tempat selfie terindah dan kekinian.

2. Broken Beach atau Pasih Uwug

broken beach

Seperti namanya, disini kita akan melihat tebing karang pantai yang berlubang seolah dikoyak oleh deburan ombak. Air pantainya sangat jernih, dan dikejauhan terpampang tebing karang berjejer indah seolah sebagai latar belakang dari objek ini.

3. Angel Billabong

angel billabong nusa penida

Namanya keren banget, memang sangat sesuai dengan keindahanya. Memang jelas tampak seperti permandian para bidadari, airnya sangat jernih seperti muara yang terhubung langsung ke laut lepas. Tak tahan rasanya ingin segera berenang. Namun kita harus hati-hati karena tebing karang yang tajam bisa saja melukai kaki.

|| Dapatkan paket Bulan Madu murah 3Hari/2malam Hanya 2.950.000 – click disini!

4. Crystal Bay – Surganya para penyelam

crystal bay nusa penida

Buat kamu penyuka keindahan bawah laut, mungki ini salah satu tempat yang bisa kamu pilih, menyelam ataupun snorkeling sangat asik di sini. Jepretan pemandangan pantai yang tidak kalah indahnya kamu pakai untuk hiasi feed instagrammu.

5. Bukit teletubbies

bukit teletubbies nusa penida

Tidak hanya objek wisata pantai, gundukan perbukitan dengan padang rumput yang hijau terlihat menyejukan mata. Tampak seperti dalam cartun anak-anak, sehingga tempat ini juga di namai Bukit Teletubbies.

|| baca juga: tradisi upacara ngaben di Bali.

6. Pantai Atuh

pantai atuh

Seperti pantai lainnya yang ada di Nusa Penida, disini juga kamu bisa menemukan pantai pasir putih dengan air yang jernih, gugusan tebing karang yang indah tampak sangat mempesona.

7. Pantai Diamond

pantai diamond

Tidak jauh dari pantai atuh, sebuah pantai yang di beri nama Pantai Diamond terlihat sangat serasi dengan namanya, bak permata, keindahanya memang sangat mempesona.

8. Rumah Pohon

rumah pohon

Terlihat sebuah rumah kayu yang dibangun diatas pohon. kelebihannya dari rumah ini kita dapat melihat deretan tebing karang ditengah pantai yang tampak sangat menakjubkan. Ini juga yang dikenal dengan nama Raja Lima.

Nah itulah beberapa tempat favorite yang ada di Nusa penida Bali, yang sedang hit’s dan sangat indah untuk dijadikan destinasi wisata tahun ini.

|| ini dia: sejarah dan daya tarik objek wisata Tanah Lot Bali.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah Nusa penida Bali?

Dilihat dari luas pulau ini, memang tidak terlalu besar, walaupun beberapa ruas jalan disana sudah terlihat bagus, namun masih banyak akses jalan yang medannya lumayan melelahkan, sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk tiba di tempat wisata yang kita tuju.

Untuk program tour pada umumnya operator tour atau jasa penyewaan mobil akan membagi menjadi dua rute, yaitu:

  • Rute Barat mencakup objek wisata: Crystal bay, Angel Billabong, Broken beach, pantai kelingking.
  • Rute Timur: Bukit teletubbies, pantai Diamond, pantai Atuh, Rumah Pohon.

Sebenarnya masing-masing rute tidak menghabiskan waktu satu hari penuh, namun ditambah waktu menyeberang menuju dan kembali dari pulau ini juga wajib di perhitungkan, karena boat penyeberangan terakhir kembali ke pantai Sanur atau pelabuhan lainnya, biasanya jam 17.00 wita.

Dan untuk bisa meng-explore semua objek wisata keren yang ada disana, sebaiknya kita menginap satu malam di Nusa penida. Banyak akomodasi yang sudah tersedia dengan harga sesuai yang kita inginkan.

Pulau indah lainnya yang ada didekat Nusa penida yaitu pulau Nusa lembongan dan Nusa ceningan. Disana juga sangat cocok dijadikan destinasi wisata, karena pantainya tak kalah keren dengan pulau Nusa penida.